Wednesday, November 23, 2016

Mengenal apa itu deepweb dan cara mengaksesnya

Mengenal apa itu deepweb dan cara mengaksesnya - Di zaman teknologi yang canggih ini, siapa yang tidak mengenal internet, dari anak sd sampai orang tua kebanyakan sudah mengerti menggunakan internet, yap menurut survei yang dilakukan sepanjang 2016 menemukan bahwa 132,7 juta orang Indonesia telah terhubung ke internet. Adapun total penduduk Indonesia sendiri sebanyak 256,2 juta orang.

Mengenal apa itu deepweb dan cara mengaksesnya


Namun sebagian dari 132,7 juta orang di indonesia itu hanya mengakses dasar dari internet itu saja atau yang biasa disebut clearnet. Nah bagaimana untuk mengakses deepweb itu sendiri ? tentunya deepweb tidak akan bisa diakses menggunakan browser standar pengguna internet seperti Mozilla Firefox atau Chrome, Tetapi menggunakan sebuah browser khusus yang akan kita bahas di bawah.

Apa itu deepweb ? 

Sebelum mengenal apa itu Deepweb, Ada baiknya kita mengetahui darknet dan clearnet terlebih dahulu.

1. Clearnet
Clearnet atau bisa anda sebut surface web yaitu jenis internet yang biasa kalian akses sehari-hari yang didalamnya berisi konten-konten informasi, sosial media, dan lain lain yang bisa kalian akses menggunakan search engine seperti google. Jenis internet ini bisa diakses dengan browser biasa seperti Chrome dan Firefox.

2. Darknet
Darknet merupakan kebalikan dari clearnet, jika clearnet berisi konten-konten yang legal karena memang ditujukan untuk komsumsi publik, Lain halnya dengan darknet yang berisi konten-konten yang bisa dibilang extreme, Kenapa ? sebab di darknet anda akan menemukan banyak website yang belum pernah anda lihat sebelumnya seperti web penjualan narkoba, uang palsu, senjata ilegal, perdagangan manusia, pembunuh bayaran dan banyak lagi hal-hal yang lebih gila lainnya.

Nah, dari penjelasan diatas kalian harusnya sudah tau deepweb termasuk jenis internet yang mana kan ?

Perbedaan surface web dan deepweb

Mengenal apa itu deepweb dan cara mengaksesnya


Pasti kalian sering mengakses google untuk mencari info atau lainnya, atau facebook dan twitter tempat untuk mengekspresikan diri kalian. Nah inilah yang dinamakan surface web yang mana semua konten yang ada di clearnet dapat di index di mesin pencari atau search engine. Biasanya domain yang berada di surface web berakhiran seperti .com .co.id .net .org .web dll contoh facebook.com kompas.com dan lain lain. Lalu, apa perbedaannya dengan deepweb ?
  1. Deepweb tidak dapat diakses dengan browser untuk ,mengakses surface web, Dalam hal ini seperti Firefox dan Chrome
  2. Alamat sebuah Url di deepweb biasanya berakhiran .onion 
  3. Konten yang berada didalam deepweb tidak terindex di search engine seperti google, Kalian harus mengahafal alamatnya satu per satu atau menggunakan bantuan Hidden Wiki.
Secara sederhana, Deepweb adalah kumpulan website yang dapat diakses oleh semua orang, tetapi IP server website tersebut tersembunyi. Hal ini mengakibatkan, susahnya mengetahui pelaku, atau siapa yang menjalakan website itu jika website tersebut bersifat ilegal seperti melakukan penipuan, transaksi barang haram dll. Dan juga, website-website tersebut tidak dapat diakses malului search engine.
Jumlah situs yang tergolong deep web konon jumlahnya sangat banyak. berdasarkan kajian Universitas California pada tahun 2001 jumlah konten deep web sebesar 7,500 terabytes. Kemudian pada tahun 2004 diperkirakan terdapat kurang lebih 300,000 situs yang tergolong deep web. 

Bagaimana cara mengakses deepweb ? 

Sekarang kita masuk ke intinya. Sebelum kalian mengakses deepweb saya sarankan agar berhati-hati, jangan memasukkan password atau registrasi di situs didalam deepweb sembarangan, Jangan mengunduh seusatu, Yang paling gokil yang saya lakukan yaitu menutup webcam haha. Oke mari kita bahas cara mengakses deepweb.
Seperti yang selalu saya katakan diatas, Untuk mengakses deepweb membutuhkan browser khusus. Nama browsernya Adalah Tor Browser yang bisa kalian unduh disini.
TOR merupakan singkatan The Onion Router adalah teknologi yang memungkinan penggunanya mengakses internet tanpa mengungkapkan identitas mereka.  Jaringan TOR terdiri dari ribuan server yang berlokasi di seluruh dunia. Mereka dijalankan oleh para relawan yang berusaha untuk meningkatkan hak-hak privasi.
Setelah selesai mendownload dan menginstall langsung saja kalian buka Tor Browsernya. tapi bingungkan mau cari apaan ? tampilannya juga kayak firefox, silahkan kalian coba browsing pasti bisa akses google namun yang membedakan adalah koneksi kalian di enkripsi dan lebih terprivasi, jadi kemungkinan malware ataupun hacker menyerang kalian lebih kecil. Eh iya untk akses deepwebnya kalian membutuhkan link dari The Hidden Wiki, Cukup kalian Copy paste link ini di Tor Browser

http://kpvz7ki2v5agwt35.onion/wiki/index.php/Main_Page
 
Nah itulah sedikit pengenalan mengenai Mengenal apa itu deepweb dan cara mengaksesnya, Semoga menambah informasi dan berguna untuk kalian.

 

 
 

 

Share this

0 Comment to "Mengenal apa itu deepweb dan cara mengaksesnya"

Post a Comment